Dompet Dhuafa

Tuesday, September 09, 2008

Google Mengontrak GeoEye-1


Google mendapatkan hadiah ulang tahun yang ke-10 berupa peluncuran satelit yang bernama GeoEye-1. Peluncuran tersebut hanya berselang sehari menjelang ulang tahun Google. Di harapkan dengan di luncurkan GeoEye-1, Google dapat menambahkan data-data peta satelit dari seluruh dunia. Satelit GeoEye-1 diluncurkan dengan menumpang roket Delta II di tempat peluncuran Vandenberg Air Force Base.

Ketinggian orbit satelit tersebut adalah 760Km dari permukaan bumi serta melaju dengan kecepatan 8Km per detik. Dengan diluncurkan satelit GeoEye1 ini diharapkan dapat memasok citra satelit dengan resolusi sangat tinggi dan satelit ini akan dipergunakan dalam memperkuat layanan Google antara Google Earth ataupun Google Maps. CIA, atau Badan Intelijen Nasional AS juga menggunakan satelit tersebut untuk keperluannya.

Resolusi gambar yang dihasilkan oleh satelit ini sangat tajam karena resolusi yang dihasilkan 0.41 meter panchromatic dan 1.65 meter multispectral. Dengan di kontraknya GeoEye-1 ini, diharapkan semakin memanjakan penggunan layanan Google dan hal itu berdampak pada omzet serta keuntungan perusahaan. Sergey Brin dan Larry Page sudah merencanakan akan mengontrak GeoEye2 pada tahun 2011. (www.bhinneka.com)

Related Articles



2 comments:

Donate for Palestine

MER-C


Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!